Jumat, 17 Januari 2014

Dieng Day 1

Hai! Gue akan berbagi cerita dan tips perjalanan gue ke Dieng. Sebenernya ini perjalanan nekat gue dan temen-temen gue. bermodal kata-kata “Dieng yuk” dan.....here we goes....

gue berbagi kisah dulu aja kali ya. Gue adalah seorang mahasiswa lucu yang terdampar di purwokerto. Iya, purwokerto. Nggak pernah denger ya? puerto rico pernah denger? Ya sebelas dua belas. Oke, skip. Gue dan temen2 seprodi gue berniat refreshing abis mid-test. Dan...tau-tau tercetus kata “dieng yuk”. Dan kesanalah kita, 5 wanita lucu nan menggemashkan bermodal nekat dan uang 300rb.

Pertama-tama kumpul di kosan salah satu dari kita. Di kosan nida, hijabers cantik yang punya lesung pipi sedalem palung laut tapi masih single. Janjiannya sih jam 5 pagi di kosan Nida. Tapi janji hanyalah janji....kita akhirnya kumpul jam...setengah tujuh pagi. Hehehehehe. Dari kosan nida kita naik angkot menuju terminal purwokerto. Excited! Itu yang kita rasain. Di dalem angkot kita harap-harap cemas mikirin perjalanan kita kali ini. tapi kita pantang menyerah! ngejar cinta doi yang gadapet-dapet aja nggak pernah nyerah masa mau ke dieng aja nyerah....

Di terminal Purwokerto kita naik bis purwokerto-wonosobo. Menurut panduan dari temen gue yang cinta banget travelling itu, nanti turun di terminal wonosobo dan cari mikro bis ke dieng. Sayangnya .....bis yang kita naikin ternyata nggak ke terminal wonosobo. Tapi abang-abang kernetnya nurunin kita di selomerto. Jahat. Fix. Dari selomerto kita disuruh naik angkutan umum warna kuning. oke, sotoy aja dulu. kita akhirnya naik angkot kuning cemerlang itu. sambil masang muka sotoy tapi bingung. Ada bapak-bapak yang nanyain kita mau kemana. Pas kita jawab mau ke Dieng, alhamdulillah bapak-bapak itu ngasih tauin jalan ke Dieng. Subhanallah :’’’) akhirnya kita diturunin di pertigaan gitu. Jadi di pertigaan ini dilewatin sama mikro bis yang arah dieng. Sayangnya...gue nggak tau nama pertigaannya apa. Nggak lama kita turun dari angkot tadi, datanglah mikro bis itu dan....naiklah kami. Diengpun terasa dekat. Tapi kenyataannya Wonosobo – Dieng masih sejam lagi.

Sebenernya, di mikro bis ini kita masih bingung. Mau turun dimana. Soalnya dari kita ber5 nggak ada yang tau soal dieng. Ada satu Afni, hijabers cantik dari banjar yang masih setia nunggu di Ta’arufin. Tapi afni lupa...soalnya udah lama. Udah gitu dia naik mobil sama bapaknya, yang mana udah pasti banget dia bakal tidur selama perjalanan. Akhirnya daripada kita jadi bacpacker ilang, kita suruh afni yang jawa banget buat nanya ke abang-abang kernetnya. Untungnya abang-abang kernet baik hati itu ngasih kita pertunjuk. Nanti kita diturunin di pertigaan dieng. Nah dari pertigaan itu tinggal jalan aja ke komplek candi arjuna. Oke sip. Kita paham. Tapi masalahnya, kita pengennya sunrise di bukit sikunir. Pas kita tanya lagi ternyata bukit sikunir itu adanya di desa sembungan. Sedangkan, dari komplek candi arjuna ke sembungan................................jauh. tapi abang kernet tadi dengan semangatnya nyemangatin kita kalo semua bisa ditempuh jalan kaki. Sekalian liat-liat pemandangan dan mampir ke kawah dan telaga yang menyebar seantero Dieng, katanya. Pas kita udah mau turun.. Indah, Sutet cantik dari sunter yang masih mentok di penyiar radio dengan pedenya minta nomer hape abang kernetnya. Alesannya sih biar besok pas pulang kita naik bis abang-abangnya lagi. Tapi sih itu kayaknya modus. Indah emang belom lama jomblo...mungkin dia gabetah. Pokoknya indah selangkah lebih maju deh dari kita. Masih perjalanan menuju dieng aja dia udah dapet gebetan...Sugoi.

Akhirnya kita sampe di Dieng! Woohoooo! Udara emang udah mulai mendingin. Beda banget sama hawa di purwokerto yang kayak jelmaan neraka. Kita diturunin di Indomaret dieng. Dari indomaret kita jalan ke komplek candi arjuna. Nggak jauh-jauh banget. Tapi nggak bisa dibilang deket juga. Nyampe di depan loket kita beli tiket masuk buat 5 orang. Nggak lupa, kita minta peta kawasan dieng. Dengan tampang bahagia nan excited kita pun mulai menyusuri jalan sesuai peta. Tujuan utama kita adalah mengejar sunrise di bukit sikunir. kalo menurut peta, bukit sikunir adanya diujung peta. Akhirnya kita memutuskan untuk menikmati komplek candi arjuna dulu.

Komplek candi arjuna adalah sebuah kawasan reruntuhan candi. Sayangnya, banyak candi yang sudah runtuh. Tadinya kita fikir, komplek candi arjuna Cuma reruntuhan gajelas. Tapi setelah kita jalan lagi masuk. Ternyata masih ada beberapa candi yang utuh. Cantik. candinya meang nggak banyak dan nggak besar tapi nggak tau kenapa penataannya bikin mata jadi seger. Abis dari candi arjuna kita jalan ke candi Gatot kaca. Agak jauh sih, tapi hebatnya jalanan dari satu kawasan ke kawasan lain itu lewat jalan setapak yang dikelilingi pohon-pohon dan bunga-bunga cantik. jadi berasa di korea-korea gitu kalo kata Indah. Yah namanya juga mahasiswa, kemampuan paling hebat ya ngayal...

Abis puas keliling, ternyata kita baru menyadari kalo.....perut kita berdendang-dendang minta diisi. Berhubung kita niatnya kesini liburan irit, jadi kita semua udah bawa makanan. Yaitu.....pop mie. Kita nyari warung buat duduk dan beli air panas. Pas kita lagi asik makan sambil ngobrol-ngobrol ibu pemilik warung nanyain kita mau kemana dan nginep dimana. Ya, kita bilang kalo kita mau ke desa simbungan. Mau ngejar sunrise. Dan tau-tau ibunya nawarin, rumahnya buat ditinggalin. Setelah tawar-menawar dan negosiasi yang cukup sengit. Hehe lebay deng. Kita dapet harga 300rb udah sama dianterin ke bukit sikunirnya. Wiih berhubung kita bego dan awam ya kita iya-iya aja. menurut kita, itu udah murah banget deh. Soalnya menurut survei gue di internet, buat naik ke sikunir aja bisa 200ribuan sendiri dan penginapan per kamar bisa 200an sendiri. akhirnya kita fix nginep di tempat ibu itu. abis ngobrol-ngobrol lagi si ibu nanya lagi kita mau kemana, kita bilang kita mau ke telaga warna sama kawah sikidang. Eh si ibunya nawarin lagi, mau dianterin suaminya apa nggak. Kita udah seneng banget tuh pas ditanyain berapa harganya, sambil masang muka melas kami. ibunya Cuma matokin harga 30rb yang katanya buat bensin. YEAAAYYYYY!!!!

Selesai nungguin bapaknya yang abis solat jumat kita pun dianterin ke kawah sikidang. Kawah sikidang ini merupakan kawah yang masih aktif. Bau belerangnya tuh menusuk banget. Kalo kata indah ini baunya kayak bau kentutnya nurul, wanita yang kita tinggalkan sendiri di purwokerto. Di kawah sikidang ini hawanya jadi panas. Katanya sih air yang dikawah ini kena panasnya magma dari perut bumi. Duh nggakngerti bukan anak geografi. Tapi pemandangannya coyyy, keren banget! Berasa lagi di pegunungan-pegunungan karst gitu hehehe

Setelah berbau-bauan di kawah sikidang kita dianter ke Telaga warna. Pertamanya sih nggak terlalu excited. Tapi......pas udah masuk dan ketemu telaganya... subhanallah... subhanallah... ciptaan Allah emang indah. Didepan mata kita ada sebuah telaga cantik yang warnanya bergradasi. Ada biru muda, tosca, biru tua... subhanallah.. ini indah banget. Kita ber5 belum pernah liat telaga seindah ini. gradasi warnanya bener-bener indah banget. Bahkan kita sampe terbengong-bengong karna warnanya bisa seindah itu. setelah puas manjain mata di telaga warna kita niatnya mau ke telaga pengilon. Telaga pengilon itu diambil dari kata ngilon yang artinya kaca. jadi telaga pengilon tuh airnya bening banget bisa buat ngaca. Makanya di namain telaga pengilon. Sayangnya, baru mau jalan ke telaga pengilon tau-tau ujan turun. Aaaaakk kita pun langsung balik ke telaga warna tadi dan buru-buru nyari suami ibu penginapan buat balik ke homestay kita aja.

Hujan turun cukup deras sore itu. kita ber5 udah was-was. Takut hujannya awet sampe malem dan besok kita nggak kebagian sunrise. soalnya tadi si bapak udah cerita kalau di sikunir lagi susah dapet sunrise karna mendung. Kita udah berdoa-doa biar dapet sunrise di sikunir. nyampe di homestay kita sempet terpukau sama homestaynya. Feels like...kosan. belom feels like home sih, tapi berhubung kosan itu rumah kedua jadi ya...no matter lah. Homestay yang kita dapet tuh bener-bener nyaman banget, daritadi kita nggak berhenti ngucapin alhamdulillah karna dimudahin segalanya. Kita pun disuruh istirahat sama ibu penginapannya soalnya besok harus berangkat pagi-pagi buta buat ngejar sunrise di sikunir. yeay! Istirahat!

foto-foto dibawah ini diambil untuk hiburan semata.

pemandangan dari bis selama wonosobo-dieng