Selasa, 11 Februari 2014

Wahana dufan dan hal-hal terselubungnya

Hai, guys! beberapa hari yang lalu, gue sama temen-temen gue yang kebelet gaul main ke dufan. ceritanya kita mau Do Fun, ceritanya... karna ternyata Allah berkehendak lain. ternyata gue disana menemukan makna terselubung dibalik wahana-wahana di dufan yang digandrungi orang-orang ini. kayaknya sih ada udang di dalam bakwan.. karna dufan lagi promo annual passnya yg cuma 250rb (bisa main sepuasnya di dufan tiap hari Bok!) gue sm 2 temen gue yang lain bikin annual pass. dan temen2 kebelet gaul gue yang lainnya tadi langsung masuk ke dufan dan naik salah satu wahana. dan disinilah gue mulai menemukan bermacam-macam makna dalam setiap wahana..

1. Turangga-rangga



Wahana ini disebut juga komidi putar, itu loh yang duduk di kuda yang bisa naik turun.. ketika temen gue nanya "kok nggak naik?" "nggak mau ah bosen, capek ngayal terus.. mau yang nyata-nyata aja" that's! wahana ini tuh gabener, ngajarin kita buat muter-muter di khayalan kita. ngebayangin kita lagi naik kuda penuh warna dengan lampu warna-warni dan muter-muter aja disitu. abis itu? udahan. cuma kesenangan dalam khayal aja....

2. Istana Boneka

Wahana ini tuh kita naik perahu terus masuk ke terowongan yang isinya boneka-boneka yang didandanin berdasarkan beberapa kebudayaan di Indonesia bahkan dunia. intinya, di Istana boneka tuh kita cuma bisa ngeliatin doang.. tanpa boleh megang apalagi dimilikin. nyesek ya.. iya.. kalo kata orang-orang, wahana Istana Boneka tuh wahana paling nyantai, bagi gue itu bohong banget. Istana boneka tuh wahana penghabisan mental... bayangin di depan lo ada cowok lucu banget yg pengen lo pegang terus lo milikin tp lo gaboleh. lo terhalang perahu, air, dan peraturan. sedih.

3. Tornado

Disaat temen-temen gue dengan semangat naik Tornado. gue dengan semangat juga menolak. coy, Apa enaknya digantung dan diputer-puter di udara coy!!!! saat mereka udah pada naik, gue dengan khidmatnya menyaksikan mereka dari bawah. betapa tingginya mereka diangkat, lalu diputar-putar dan akhirnya digantung. gue sedih, iya gue sedih ngeliat mereka digituin. gue tau digantungin itu nggak enak, apalagi digantunginnya di tempat yang udah tinggi, tambah di puter-puter pula...sakit cuy.

4. Hysteria

Ini wahana yang hits banget. sesuai sama namanya pas gue nyampe di lokasi wahana ini selalu ada teriakan "AAAAAAA" super histeris. temen gue ngomong lagi "naik ayo, yan.. cemen banget" gue dengan coolnya jawab "kalo cuma diangkat tinggi terus dijatuhin sih gue sering.. udah biasa". yap coy, ini tuh wahana ternggak penting sedufan... coba deh tujuannya dibikin wahana ini tuh apa? cuma pengen orang-orang tau, gimana rasanya dinaikin melesat keatas terus tiba-tiba dijatuhin.. gue yakin yang nyiptain wahana ini korban PHP tingkat ekstrim. dia pengen orang-orang diluar sana ngerasain apa yang dia rasain, mungkin si pencipta wahana ini juga berharap kalo yang dulu PHP-in dia naik wahana ini, biar tau rasa. tenang mba atau mas yang bikin wahana ini.. saya udah ngerasain kok. udh biasa..

5. Niagara-gara

Wahana ini sebenernya sebelas dua belas sama wahana hysteria. cuma pencipta wahana ini lebih pinter, dia lebih smooth. tapi maknanya lebih dalam dan nusuk. di Niagara ini, kita diajak naik perahu. lalu pelan-pelan diajak berkeliling masuk ke gua-gue penuh artistik. dimanjain sama dekorasi yang indian gitu, sekilas emang mirip sm istana boneka. tapi setelah keluar dari gua terakhir kita akan dihadapkan ke tanjakan maut, masih dengan slow motion kita dibuat deg-degan naik ke puncak tanjakan itu, pas di puncak nggak ada 1 menit tau-tau kita udah BYUR! dijatuhin gitu aja. bayangin deh, buat menuju kepuncaknya kita harus melalui proses yang cukup lama tapi pas sampe dipuncak kita nggak dibiarin buat stay barang 5 menit.. tau-tau kita dijatuhin gitu aja dan udahan, basah pula. nyesh ya...

6. Ontang Anting

Ini nih satu-satunya wahana yang biasa aja tapi efek fisiknya dapet banget. wahana ini tuh kayak ayunan kursi yang diputer-puterin di udara, nggak cepet sih nggak terlalu ekstrim tapi pusingnya itu loh. wahana ini ngajarin kita kalo ternyata diputer-puter di udara itu nggak enak. emang sih pertamanya enak, berasa lagi terbang tapi ternyata kelamaan diterbangin itu nggak enak. terus parahnya lagi, abis diputer-puterin kita dibalikin ke tempat awal kita naik. posisinya bener-bener sama banget. iya, ibaratnya orang lagi PDKT nih muter-muter aja gitu, jadian nggak tapi udahan pdktnya juga nggak. dari yang lagi seneng-senengnya masa pdkt sampe udah muak karna nggak ditembak. eh tau-tau ditinggalin gitu aja berasa nggk ada apa-apa, kayak nggak pernah ada yang terjadi gitu. bikin pusing....


7. Kora-kora

Ini wahana terasik menurut gue, yang bikin hati ser-seran.. kita duduk di suatu perahu gede banget. terus kita diayun-ayunin gitu. perahunya naik turun. parah bikin serserannya.. jadi kita tuh dibikin kayak lagi pedekate sama orang yang kerjaannya tuh bikin hati naik turun, ser-seran. kadang dia berlaku baik dan bikin kita naik. tapi kadang cuek dan bikin kita down. bener-bener bikin ser-seran..

then guys, gue baru nemu beberapa makna terselubung segitu aja. wahana di dufan banyak. hampir semua gue temuin filosofinya pas disana. tapi karna waktu, sekarang gue udah lupa gimana rasanya. jadi maaf banget nih, yang teringat jelas rasanya cuma 7 wahana ini doang.. seenggaknya sekarang kita sama-sama tau di Ancol ada dunia yang menyuruh kita berfantasi. ada dunia yang membuat kita merasakan hal-hal yang belum pernah kita rasakan, atau malah mengingatkan kita akan rasa yang telah terlupakan..

1 komentar: